Warga Keluhkan Irigasi Sungai Kwala Gunung, Bupati Batu Bara Tinjau Lokasi

Batu Bara, Selasa (24/08/2021). 

"Saluran Irigasi yang mengaliri 7 Desa di 2 (dua) Kecamatan Kabupaten Batu Bara mengalami banyak permasalahan seperti kebocoran dan kurang tingginya saluran irigasi ke lahan persawahan." Hal ini disebutkan salah seorang warga Desa Kwala Gunung.

Menurutnya bangunan saluran irigasi memang wajar jika terjadi banyak kebocoran. Karena irigasi dibangun sudah sangat lama. Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi banjir jika musim penghujan datang dan area persawahan di Hilir sering tidak dapat air jika musim kemarau ujar "Buyung" Selaku Ketua GP3A (Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air).

Jika saluran irigasi yang bocor ini diperbaiki dan ditinggikan maka air bisa mengalir sampai ke hilir. Ujar Buyung

Menanggapi keluhan warga yang sebagian besar Kelompok Tani, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP bersama anggota DPRD Batu Bara Darius, SH dari Fraksi PPP meninjau Lokasi DAM Irigasi primer dan saluran irigasi skunder di beberapa tempat. 

Turut mendampingi Kadis PUPR Khairul Anwar, Camat Datuk Lima Puluh Zamzami El Wadiip, Camat Lima Puluh Pesisir Syahrizal dan beberapa Kepala Desa Kecamatan Datuk Lima Puluh dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir.

Peninjauan lokasi Pertama di area DAM irigasi primer tepatnya di sungai Jintan Desa Kwala Gunung. 

DAM irigasi ini mengaliri 7 (tujuh) Desa di Dua Kecamatan. Yaitu desa Kwala Gunung, Air Hitam, Simpang Dolok, Lubuk Besar (Kecamatan Datuk Lima Puluh) . Serta Desa Pasir Permit, Pematang Panjang dan Gunung Bandung. (Kecamatan Lima Puluh Pesisir). Dan mengaliri areal persawahan seluas 1.214 Ha. 

Menanggapi hal ini Bupati Batu Bara melakukan peninjauan langsung ke lokasi untuk melihat kondisi DAM irigasi yang memang sudah memprihatinkan sehingga kebutuhan air di Hilir tidak tercukupi akibat banyaknya yang bocor, dan nantinya yang bocor atau retak akan diperbaiki. Ungkap Bupati Zahir

Setelah diperbaiki kebocorannya, kemudian akan dilihat kembali. Jika air masih tidak sampai ke Hilir, maka tinggi bangunan saluran irigasi akan ditambah, disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Ujar Bupati Batu Bara Zahir

 

Berita Terkait