Tingkatkan Produksi Cabai, Bupati Zahir Tinjau Perakitan Traktor di Deli Serdang

DELI SERDANG - Guna mendukung intensifikasi dan ekstensifikasi produksi cabai di Kabupaten Batu Bara, Pemerintah Kabupaten Batu Bara akan mengadakan traktor pembuat bedengan. Untuk itu Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., meninjau perakitan traktor Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Berkah Tani di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (15/09/2022).
Dalam peninjauan itu, Bupati Zahir didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Muhammad Ridwan, Kepala Dinas Kominfo Edwin Sitorus, serta Kepala Bidang dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Batu Bara.
Peninjauan ini dilakukan untuk memperbarui traktor pembuat bedengan cabai milik Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dengan harapan agar para petani lebih cepat dan mudah dalam membuat bedengan. 
Bupati Zahir juga berencana membeli dan merakit traktor di UPJA Berkah Tani Deli Serdang sehingga akan meningkatkan luas tanam dan produksi tanaman cabai di Batu Bara.
“Dengan menggunakan traktor maka lahan yang tidak dimanfaatkan bisa ditanam cabai, sehingga ketersediaan cabai cukup dan inflasi dapat dikendalikan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Zahir.
Diketahui cabai merupakan komoditas penyumbang inflasi khususnya di Sumatera Utara, sehingga produksi cabai menjadi perhatian serius Bupati Zahir.
Kabupaten Batu Bara sendiri merupakan salah satu sentra produksi cabai terbesar di Sumatera Utara dengan luas lahan lebih dari 1.000 hektare dan melibatkan lebih dari 600 petani.
Selanjutnya, Bupati Zahir juga melihat perkembangan produksi pertanian yang menggunakan peralatan pertanian khususnya pembuatan bedengan penanaman cabai. 
Peninjauan langsung Bupati Zahir ini merupakan wujud gerak cepat dalam membangun pertanian dan mengendalikan inflasi di Batu Bara. 

 

Berita Terkait