Tingkatkan Kinerja Instansi Pemerintah, Pemkab Batu Bara Gelar Rapat Evaluasi SAKIP

Batu Bara,
Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggelar Rapat Persiapan Evaluasi Sakip Perangkat Daerah dan Penandatanganan Pernyataan oleh Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Batu Bara, yang digelar di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Selasa (07/06/2022).
Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara H. Sakti Alam Siregar, SH dan dihadiri oleh Asisten III Setdakab Batu Bara Renold Asmara serta seluruh Kepala Perangkat Daerah Se Kabupaten Batu Bara.
Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah aktivitas analisis yang sistematis, pemberian nilai, atribut, apresiasi dan pengenalan permasalahan, serta pemberian solusi atas masalah yang ditemukan guna peningkatan akuntabilitas dan peningkatan kinerja instansi pemerintah, yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014.
Tujuan Sakip adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah sebagai salah satu prasyarat dalam mewujudkan pemerintah yang baik dan terpercaya dengan sasaran terwujudnya transparansi instansi pemerintah, terpeliharanya kepercayaan masyarakat dan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Nasional.
Dalam sambutannya Setdakab Batu Bara menyampaikan penyelenggaraan Sakip ini dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas serta selaras dan sesuai dengan tahapan- tahapan seperti, rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan kinerja, pelaporan kinerja, dan reviu evaluasi kinerja.
“Sebagai bukti komitmen kita bersama dalam meningkatkan nilai Sakip Pemerintah Kabupaten Batu Bara, maka kita akan mereplikasi seperti yang telah dilakukan oleh beberapa Kabupaten / Kota, dengan berkomitmen dalam surat pernyataan  terkait kesungguhan seluruh perangkat daerah dalam meningkatkan nilai Sakip Pemerintah Kabupaten Batu Bara” ungkap Sakti Alam.

 

Berita Terkait