SEKABAR dan TTE Diterapkan, Solusi Administrasi Lebih Mudah dan Cepat

Batu Bara,
Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara H. Sakti Alam Siregar membuka secara langsung kegiatan Sosialisasi Penerapan Surat Elektronik Kabupaten Batu Bara (SEKABAR) dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di lingkungan Pemkab Batu Bara. Senin (07/02/2022).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (7-8) februari di Aula Water park Banyuwangi Lima Puluh ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Operator Surat Elektronik.
Menurut Kadis Kominfo Batu Bara Edwin Aldrin Sitorus S.Sos, M.Si kegiatan sosialisasi ini sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, UU No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, Perpres No.95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. 
Tidak hanya itu, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP memang sangat mendukung dalam kemajuan teknologi dan informasi seperti ini dengan menerbitkan Perbup No. 89 Tahun 2021 Tentang penyelenggaraan sertifikat elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara.
Kadis Kominfo Edwin mengatakan keabsahan suatu dokumen yang dihasilkan dari transaksi elektronik adalah hal yang mutlak diperlukan karena tanpa adanya keabsahan dokumen tersebut seperti dokumen biasa lainnya. Untuk itu, dokumen yang ingin mendapatkan sertifikasi keabsahannya melalui istansi resmi yang di tunjuk oleh pemerintah yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE) sehingga dipastikan dokumen yang sudah menggunakan tanda tangan elektronik sudah kuat di mata hukum. 
Sekda Batu Bara H. Sakti Alam Siregar menyampaikan bahwa kita tidak boleh kalah pada kemajuan zaman teknologi dan informasi saat ini. Karena dengan mengikuti kemajuan teknologi, kita bisa dengan mudah mengakses informasi dan mempercepat pelayanan publik. 
" Saya sangat beruntung bekerja sebagai pegawai yang ikut merasakan dan mengalami perkembangan teknologi serta informasi. Dari membuat surat dengan mesin ketik, muncul Komputer yang besar, kemudian pakai Komputer yang mulai kecil, Laptop dan pada sekarang ini dengan menggunakan HP semua informasi bisa didapatkan." Ungkap H. Sakti Alam Siregar
Lanjutnya, sosialisasi ini digelar untuk memahami bagaimana cara penggunaan dan penerapannya dalam administrasi. Karena dengan adanya SEKABAR dan TTE mempermudah Pemkab Batu Bara dalam menyelesaikan administrasi. Yang mana kita tahu selama ini untuk membuat admistrasi banyak terkendala seperti kepala dinas yang keluar kota. Dan tentunya akan mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait