Peduli Anak, Ketua TP PKK Tinjau Ruang Pojok Asi Disdik Batu Bara

Batu Bara,

Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir meninjau ruang pojok Asi di Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Kamis (01/10/2020).

Ny Maya Indriasari Zahir juga mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Batu Bara menyediakan ruang pojok ramah anak dan wanita bagi ibu yang menyusui.

“Perubahan terlihat, Peduli akan perempuan dan anak atas penyediaan tempat menyusui bagi kaum ibu”, kata Maya.

Lanjutnya Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir, adanya perubahan pada Dinas pendidikan adalah sangat luar bisa atas kepeduliannya akan perempuan dan anak, dimana telah menyediakan tempat menyusui anak bagi kaum ibu.

“Menyediakan tempat bermain anak – anak agar bagi para ibu yang memiliki anak Batita (Bayi dibawah tiga tahun) bisa nyaman dalam menjalankan pekerjaannya”, ungkap Maya.

Ny Maya Indriasari Zahir Berharap begitu juga bagi dinas – dinas yang ada di Kabupaten Batu Bara dapat mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh Kadisdik. Agar kantor di Batu Bara Ramah Anak dan ibu, ujar Maya.

Terkait inovasi yang dilakukan oleh kadisdik, Maya mengatakan menjadi inpresor bagi Kepala Dinas (Kadis) yang lain untuk berbuat lebih baik ramah anak dan perempuan, bahkan Kesejahteraan para guru terperhatikan dan tidak dikhawatirkan.

“Disdik Batu Bara dapat terus maju dalam melakukan perbaikan baik dilingkaran pendidikan dan sekolah – sekolah dan terus jaga kekompokan”, pesan Maya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan memanfaatkan ruang kosong menjadi berguna yaitu Ruang Pojok Asi bagi ibu menyusui dan tempat bermainnya anak – anak.

Dikatakan Ilyas, Sebelumnya ruang pojok Asi merupakan lahan kosong yang sering digunakan menjadi lokasi parkir kendaraan roda dua.

“Bangunan kantor dinas kan panggung, dibawahnya dibuat tempat parkir, terpikir untuk menjadikan ruang asi, kebetulan halaman masih lebar buat parkir kendaraan”, kata Ilyas.

Ide tersebut timbul dikarenakan terlihat para guru – guru yang memiliki anak Batita untuk berurusan di Dinas Pendidikan, oleh sebab itu, Ilyas Sitorus berinisiatif membuat Ruang Pojok Asi

“Alhamdulillah mendapat respon yang positif dari masyarakat dan sering dipakai oleh kaum ibu untuk menyusui batitanya”, ungkap Ilyas.

Dijelaskan Ilyas Sitorus yang akrab disapa Incekli, sebagaimana Visi Misi Bupati Batu Bara bahwa ingin memperlakukan warga masyarakat dalam segala lini terutama di lingkungan dinas.

“Dan kedepannya akan dilakukan penyediaan wahana permainan anak – anak, seperti permain bola kecil, seluncuran, ditambah ruang buku pojok baca”, kata Ilyas.

Sementara itu, Latifah (30) dan Juniaya (33) warga Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara selama di pimpin oleh Ilyas Sitorus terlihat bagus dan nyaman terutama ketika bawa balita ke Dinas Pendidikan karena menyadiakan tempat untuk menyusui Batita (Bayi dibawah tiga tahun).

“Senang sekali adanya tempat menyusui Batita dan ruangan bermain anak, tempatnya sejuk, bersih dan nyaman, baru ini ada ruang untuk menyusui, terima kasih Pak Kadis Pendidikan yang peduli sama anak dan bagi ibu yang menyusui batita, kalau tidak ada ruangan itu, pasti susah menyusui anak kami”, kata latifah dan juniaya.

 

Berita Terkait