Menang Sebagai Kabupaten Inovatif, Bupati Zahir Terima Penghargaan IGA 2021 dan Sosialisasi IGA 2022

Batu Bara,
Bupati Batu Bara, Ir. H. zahir, M.AP, menerima piagam penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2021 sebagai Kabupaten inovatif. Penghargaan ini diterima Bupati Zahir yang diserahkan langsung oleh Kepala Bidang SDM Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Jerry Wallo, S.Sos, M.M, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Senin (11/04/2022).
Inovasi pelayanan publik yang berprestasi adalah Rumah Kemasan yang dikembangkan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Batu Bara. Rumah Kemasan mendapatkan inovasi terbaik ke-4 tingkat Provinsi Sumatera Utara.
Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemkab Batu Bara khususnya Bapelitbangda untuk bekerja lebih baik lagi sehingga ke depannya dapat menjadi kabupaten yang terinovatif.
Bupati Zahir juga me-launching aplikasi Sistem Basis Data inovasi (SIBADA) Kabupaten Batu Bara bersama dengan Kabid SDM Balitbang Kemendagri, Jerry Wallo, Kepala Balitbang Provsu, Harianto Butar-Butar, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Batu Bara, Abdu Zahrul, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara, Arif Hanafiah, dan Konsultan PT. Xtend Indonesia, serta para Asisten Setdakab Batu Bara.
Aplikasi SIBADA dikembangkan Bapelitbangda Kabupaten Batu Bara yang bertujuan untuk menjaring dan mengumpulkan data-data inovasi, mulai tingkat desa sampai kabupaten. Aplikasi tersebut akan menjadi basis data dalam upaya sinergitas dengan ajang IGA Kemendagri.
Bupati Zahir mengatakan, kegiatan ini juga sebagai sosialisasi IGA dan lomba inovasi daerah tingkat Kabupaten Batu Bara tahun 2022. Bupati Zahir meminta setiap dinas di Pemkab Batu Bara membuat dan mengembangkan inovasi yang bersifat berkelanjutan.
"Di tahun ini akan ada inovasi di setiap dinas, dengan beberapa kriteria. Inovasi dari dinas harus sudah berjalan selama 1 tahun dan bersifat berkelanjutan serta inovasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah. Nantinya inovasi dinas yang paling berpotensi akan diajukan di tahun 2022 untuk dilaga ditingkat provinsi dan nasional," jelas Bupati Zahir.
Kehadiran Balitbang Kemendagri pada kesempatan tersebut untuk memberikan arahan mengenai indikator yang mungkin berubah. Sehingga dapat dilakukan sinkronisasi dengan petunjuk teknis pelaksanaan inovasi daerah di Kabupaten Batu Bara.
Sosialisasi IGA nantinya berguna dalam penginputan dan pelaporan inovasi daerah Kabupaten Batu Bara di tahun 2022, sehingga diharapkan bisa mencapai hasil sebagai kabupaten yang sangat inovatif agar dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang produktif, inovatif dan berbudaya yang sejalan dengan misi Bupati Zahir.

 

Berita Terkait