LPPL Radio FM Odan : Tingkatkan Kualitas penyiaran melalui Sekolah P3-SPS

Batu Bara,

Dewan Pengawas LPPL Kabupaten Batu Bara Zulkarnain,SE MSI memberikan perintah Kepada, Kepala Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio FM Odan. Zulfan Suri.ST , untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pedoman Prilaku Penyiaran (P3) , dan Standart Program Siaran (SPS) , yang di selenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara (KPID) Sumut, yg bertempat di Aula Kantor KPID SUMUT , jln Adinegoro No.7 Medan Sumut pada Rabu- Kamis 22 -23 September 2021.

 Dalam Kegiatan tersebut Acara di buka langsung Oleh ketua KPID Sumut Mutia Atiqah,SS , Dalam Sambutan nya Ketua KPID SUMUT mengajak Agar LPP dan LPS agar dapat mengikuti panduan P3-SPS guna untuk menyajikan tayangan yg Sehat dan bermanfaat bagi masyarakat pada umum nya, Ketua KPID Sumut juga berpesan Agar LPP dan LPS tidak melanggar Ketentuan P3-SPS karena setiap tayangan yg tidak sesuai dengan aturan akan mendapatkan sanksi berupa teguran sampai dengan pencabutan Izin Lembaga Penyiaran tersebut, aturan tersebut berlaku kepada seluruh lembaga penyiaran, termasuk penyiaran Televisi dan Radio.

Dalam kegiatan tersebut hadir wakil ketua KPID SUMUT Drs.Muhammad Syahrir,M,i Kom dan KPID RIAU Hisam Setiawan,SP yg sekaligus bertindak sebagai Narasumber. Dalam Paparan nya salah satu Narasumber banyak menerangkan tentang Pedoman Prilaku Penyiara(P3) di antara nya tentang Tayangan Ramah anak, yaitu tayangan yg memperhatikan hak - hak anak yg dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya anak terhadap tayangan yg di tayangkan, Juga di kempatan yang sama Narasumber juga menjelaskan sedikit tentang akan di adakan nya Revisi Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standart Program Siaran (P3-SPS).

Adapun ruanglingkup Revisi meliputi diantaranya Jenis Program Siaran, Materi muatan Khusus,Ketentuan terkait program siaran, dan Sanksi Administrasi. Revisi ini harus dilakukan mengingat dunia penyiaran tidak lagi hanyak sebatas siaran Analog tetapi sudah merambah kedunia siaran digital. Narasumber berharap kepada seluruh Lembaga Penyiaran agar dapat membantu memberikan masukan terkait Revisi aturan tersebut guna untuk mencari keputusan yang dapat memenuhi kebutuhan Publik dalam hal penyiaran.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai Lembaga Penyiaran Televisi dan Radio Lokal yang ada di Sumatera Utara, di antara nya dari Stasiun TV , TVRI,DAAI TV, TV One, SCTV, Radio Odan FM Kab.Batu Bara LPK Pesona FM sergai, dan LPP,LPS dan LPK lain nya .

contributor by ZULFAN

 

Berita Terkait