Kembangkan Wisata dan Sanggar Budaya, Pemkab Batu Bara Bersama Kemenparekraf Gelar Sosialisai BISA FEST

Batu Bara,
Kementerian Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara gelar Sosialisasi Bersih Indah Sehat Aman (BISA Fest), di Aula Hotel Banyuwangi, Jum'at (25/03/2022).
Sosialisasi Bisa Fest dihadiri Kemenparekraf yang diwakili Ni Komang Ayu Astiti, DPR-RI Komisi X Prof. Dr.Ir. Djohar Arifin Husin, Bupati Batu Bara yang diwakili Asisten 1 Russian Heri dan para peserta dari sanggar-sanggar budaya dan Pengusaha Muda Kreatif Kabupaten Batu Bara. 
Kegiatan menampilkan aneka tarian budaya Melayu, seperti tari persembahan tepak sirih, tari zapin, tarik zapin kurik kundi dan tari laksamana raja di laut. 
Asisten 1 Russian Heri dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Batu Bara mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggaraan Kegiatan BISA FEST, tentang pemberdayaaan pelaku parekraf dalam pengembangan sanggar budaya.
"Pemerintah Kabupaten Batu Bara menyadari, bahwa saat ini ketergantungan terhadap kekayaan sumber daya alam (SDA) sangat besar dalam struktur pendapatan daerah. Seperti sumber daya alam, hasil laut, pertanian, perkebunan dan lainnya. Sehingga Pemkab akan mengembankan sektor yang berbasis renewable resources ” ungkap Russian Heri.
Russian Heri juga mengatakan salah satu sektor yang akan dikembangkan di Kabupaten Batu Bara adalah sektor pariwisata. Kabupaten Batu Bara memiliki banyak potensi pariwisata yang terdapat di seluruh kecamatan dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing. Seperti peninggalan sejarah, keaneka ragaman adat-istiadat dan budaya masyarakat, seni-budaya, serta adanya dukungan wilayah yang luas dengan keindahan panorama alam, pantai dan pulau.
Dalam sosialisasi tersebut, Prof. Dr.Ir. Djohar Arifin Husin mengatakan, program BISA FEST bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif dan pariwisata daearah di masa pandemi. 
"Untuk itu saya menganjurkan kepada pemerintah dan pengelola wisata agar membuat lingkungan wisata yang bersih dan aman. Serta menyajikan makanan bersih, sehat dan murah, dengan harapan para wisatawan terkesan. Dan untuk para penggiat budaya yang tergabung  pada sanggar-sanggar budaya, agar aktif kembali membuat acara seni untuk disaksikan oleh masyarakat," Ungkap Prof. Dr. Ir. Djohar.
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan bekerjasama dengan Kemenparekraf dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk mensosialisasikan BISA FEST kepada sanggar seni, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sanggar-sanggar sehingga menarik peminat para wisatawan. 
Meningkatkan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam mendukung perekonomian masyarakat, menjadi misi Bupati Zahir untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Batu Bara. Sehingga program tersebut dapat berpotensi menaikkan tempat wisata dan budaya Kabupaten Batu Bara hingga ke tahap nasional dan Internasional

 

Berita Terkait