Jelang Idul Adha, Satgas Penanggulangan PMK Sterilisasi Hewan Ternak

Batu Bara,
Menjelang Idul Adha Tim Satuan Tugas (Satgas)Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Ternak melakukan Gebyar Perdana Strelisisasi Hewan Ternak di beberapa kandang warga di Desa Gunung Rantai, Kecamatan Talawi, Kamis (07/07).
Satgas Penanggulangan PMK Ternak terdiri dari tenaga dokter hewan dan tim perawatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Batu Bara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Batu Bara, Satuan Polisi Pamong Praja, Danramil Talawi dan Polres Batu Bara.
Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Batu Bara Antoni Ritonga, bersama Wakapolres Batu Bara Kompol Joni Sirait, dan seluruh tim yang turun ke desa melakukan pengecekan hewan ternak terkena PMK. 
“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan perawatan kepada hewan ternak yang terserang penyakit. Diharapkan akan terus dilakukan hingga ke tiap desa di Kabupaten Batu Bara,” ungkap Antoni Ritonga.
Satgas PMK juga menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang dan melakukan penyuntikan vitamin dan antibiotik kepada 68 ekor sapi yang terserang penyakit. Kemudian, para peternak diberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya perawatan kandang hewan.
Diketahui bahwa di Kabupaten Batu Bara masih banyak hewan ternak terserang PMK disebabkan oleh apthovirus. Penyakit hewan tersebut penyebarannya sangat cepat melalui kontak langsung hewan ternak, perantara alat kebersihan kandang maupun melalui udara.

 

Berita Terkait