[HOAKS] Tes PCR Sama Dengan Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebut tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sama dengan mendapatkan vaksinasi Covid-19.  Informasi itu diklaim berasal dari penelitian di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat. Disebutkan juga bahwa pihak Universitas Johns Hopkins menolak semua tes PCR karena hal tersebut dapat membahayakan pasien yang terus-terusan mendapatkan vaksinasi jika melakukan tes PCR berulang kali. 

Faktanya, klaim bahwa tes PCR sama dengan mendapatkan vaksinasi Covid-19 adalah salah. Dikutip dari factcheck.afp.com, Juru Bicara Universitas Johns Hopkins mengklarifikasi bahwa informasi tersebut merupakan salah dan tidak akurat karena penelitian tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan tes PCR dan vaksinasi Covid-19. Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa penelitiannya telah digunakan secara tidak akurat untuk tujuan disinformasi.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnggL2b-cek-fakta-benarkah-tes-pcr-sama-dengan-mendapatkan-vaksinasi-covid-19-cek-faktanya

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.322L74W

 

Berita Terkait