[HOAKS] Aliansi Dokter Dunia Menyatakan Varian Delta Tidak Ada

Beredar sebuah unggahan pada sosial media Facebook yang mengklaim bahwa aliansi dokter dunia menyatakan bahwa varian Delta (India) tidak ada. Pada unggahan tersebut juga disertakan sebuah video pendukung yang berisikan data bahwa varian Delta tidak banyak berarti yang berdampak di dunia nyata dan menyebutkan bahwa varian Delta hanya merupakan politik ketakutan untuk merampas kebebasan. 

Dilansir dari kompas.com, klaim bahwa aliansi dokter dunia menyatakan bahwa varian Delta (India) tidak ada adalah tidak benar. Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Bayu Satria Wiratama mengatakan virus Covid-19 varian Delta benar-benar ada. Varian itu pada awalnya ditemukan di India, hanya penamaannya saja yang diganti sehingga tidak terikat suatu negara. Terkait data yang disajikan oleh pembuat video, Bayu mengatakan datanya memang benar, tapi interpretasi dari data itu salah. Data itu tidak menunjukkan varian Delta tidak ada. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Public Health England (PHE) melaporkan bahwa varian Delta menyumbang sekitar 99 persen dari kasus berurutan dari 27 Juni hingga 3 Juli 2021.

 

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

-https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/18/170500265/-hoaks-aliansi-dokter-dunia-menyatakan-varian-delta-tidak-ada?page=all

 

Berita Terkait