Hadiri Sosialisasi Pokdarling, Bupati Zahir Dorong Anak Muda Kembangkan Potensi dan Minat Bakatnya

Batu Bara,
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, menghadiri kegiatan Sosialisasi Pokdarling (Kelompok Sadar Lingkungan) dan Buka Puasa Bersama yang digelar di Coffe Pemuda Access Road PT. Inalum Simpang Kuala Tanjung, Senin (25/4/2022).
Kegiatan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan, Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd., Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Norma Deli Siregar, SE., MM., Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata, Drs. Sapri Moesa, MM., beberapa perwakilan OPD, beberapa Kepala Desa, dan berbagai komunitas yang tergabung dalam Pokdarling, baik dari komunitas OSIS SMA/SMK, maupun komunitas motor.
Pokdarling merupakan wadah bagi berbagai komunitas di Kabupaten Batu Bara, yang diharapkan bisa menjadi media bagi anak muda khususnya, untuk bisa mengembangkan minat dan bakatnya. Bila sudah terwadahi, maka pemerintah akan hadir untuk memfasilitasi bagaimana komunitas-komunitas ini bisa meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dan bisa mengembangkan diri lebih lanjut.
"Kelompok Sadar Lingkungan ini bukan semata-mata kelompok yang beraktivitas dalam hal lingkungan hidup, tapi lingkungan yang dimaksud adalah dalam ranah yang lebih luas. Misal lingkungan hobi, lingkungan bakat tertentu, lingkungan bisnis UMKM, dan lain-lain," ungkap Bupati Zahir, dalam sambutannya.
Bupati Zahir memberi arahan, bahwa banyak komunitas-komunitas di Batu Bara, yang sebetulnya bila mereka terkoordinir, maka pemerintah akan lebih mudah untuk ikut serta terlibat dalam mengembangkan SDM nya, bahkan bila perlu mendukung dalam hal permodalan, misalnya untuk kelompok-kelompok UMKM. Pengembangan sumberdaya manusia menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas masyarakat, yang akan berdampak positif pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Sari Dharma Sembiring, Ketua Pokdarling menjelaskan, bahwa pembentukan Pokdarling ini berawal dari hasil diskusi ringan sembari ngopi bersama Bupati beberapa waktu yang lalu. Kemudian obrolan tersebut ditindaklanjuti dengan diskusi yang lebih luas bersama beberapa rekan lainnya, hingga akhirnya dibentuklah Pokdarling.
"Saat ini telah bergabung dengan Pokdarling lebih dari 20 komunitas club sepeda motor, kelompok-kelompok OSIS SMA/SMK, dan beberapa komunitas pemuda desa, dan kelompok yang cinta wisata," lanjut pria yang akrab dipanggil Angling Dharma ini.
Ketua Pokdarling juga menyampaikan, bahwa bila ada komunitas yang akan bergabung, tak perlu ragu dan malu. Komunitas apapun yang positif, dipersilahkan bergabung, dan bisa mendaftarkan diri di Basecamp Pokdarling, di Coffe Pemuda, Access Road PT. Inalum Simpang Kuala Tanjung.
Peran dan sinergitas berbagai elemen masyarakat merupakan hal yang sangat mendukung pembangunan Kabupaten Batu Bara. Hal ini sejalan dengan misi Bupati Zahir dalam menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara, masyarakat yang sejahtera, religius, dan berbudaya.

 

Berita Terkait