FGD Major Project UMKM, Pemkab Batu Bara Minta Bangun Rumah Produksi Klaster Cabai Merah

Batu Bara,
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili oleh wakilnya Oky Iqbal Frima, S.E, menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Major Project Pengelolaan Terpadu Komoditas Cabai Merah di Kabupaten Batu Bara. Kegiatan yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Batu Bara, berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (15/06).
Bappenas RI bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI akan melakukan FGD sekaligus peninjauan lapangan atas usulan Pemkab Batu Bara tentang major project program pengelolaan terpadu UMKM yaitu Rumah Produksi Bersama Klaster Cabai Merah di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir.
Diketahui bahwa Kabupaten Batu Bara merupakan daerah penghasil cabai merah terbesar kedua di Sumatera Utara. Komoditas cabai merah adalah produk andalan di Kabupaten Batu Bara dengan luas lahan panen 1.017,75 Hektar dan mempunyai produksi cabai merah sebesar 15.654,58 ton pada tahun 2021.
Wakil Oky menyampaikan keinginan Pemkab Batu Bara kepada Kementerian KUKM RI dan Bappenas RI, untuk dapat membangun rumah produksi bersama klaster cabai merah.
“Bila permohonan ini terwujud, maka Batu Bara punya koperasi sebagai pengelola unit usaha. Nanti hasil panen cabai merah dari petani akan dibeli koperasi, kemudian akan mengolah cabai merah menjadi pasta cabai. Lalu dipasarkan ke berbagai perusahaan yang mengelolah cabai merah sebagai bahan bakunya,” jelas Wakil Oky.
Kegiatan ini dihadiri oleh Perencana Ahli Madya Direktorat Pengembangan UMKM dan Koperasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapennas RI Eli Dinayanti, Tenaga Ahli Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Suhastian, Asisten II Pemkab Batu Bara Drs. Sahala Nainggolan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batu Bara Arif Hanafiah, beserta para Kepala OPD Batu Bara.
Pemkab Batu Bara berharap program iini segera direalisasikan oleh Bappenas dan Kementerian Koperasi dan UKM RI. Sehingga dapat menumbuhkan hasil UKM baru dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batu Bara dan juga meningkatkan pemasaran hasil komoditas pertanian dan UKM.

 

Berita Terkait