[DISINFORMASI] Video Kebakaran di SPBU 1 Juli 2022 Efek Bayar Pakai HP

Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan kejadian kebakaran dengan asap hitam yang membumbung tinggi di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Video tersebut disertai keterangan bahwa kebakaran di SPBU terjadi pada 1 Juli 2022 akibat pembayaran menggunakan ponsel atau handphone (HP).

Dikutip dari laman kompas.com, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan bahwa video yang beredar tersebut merupakan video lama. Dari pengecekan yang dilakukan, diketahui peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada 22 Oktober 2020 petang di area SPBU daerah Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat, di mana mobil pengangkut tabung gas elpiji 3 kilogram mengalami kebakaran. Dari keterangan sejumlah saksi, kendaraan tersebut terbakar usai mengisi bensin. Kobaran api sempat meluas dan membakar bagian lisplang. Namun, api kemudian berhasil dipadamkan oleh petugas damkar dan dibantu warga setempat. Irto pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak begitu saja menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link counter:

·        https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/02/154535065/video-viral-kebakaran-di-spbu-disebut-efek-bayar-pakai-hp-ini-kata?page=all

 

Berita Terkait