[DISINFORMASI] Surat Pencairan Deposito Atas Nama Bank Indonesia

Beredar sebuah gambar yang diklaim sebagai surat pencairan deposito dan pengalihan deposito dengan mencatut beberapa nama petinggi Bank Indonesia (BI). Dalam isi surat terdapat beberapa tanda tangan di atas materai dan terdapat logo BI di bagian kop surat, dengan nominal ratusan juta rupiah.

Faktanya, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan menegaskan, surat-surat pengalihan deposito yang mengatasnamakan Bank Indonesia itu adalah hoaks atau tidak benar. Bank Indonesia (BI) juga telah menginformasikan melalui unggahan pada akun media sosial Facebooknya bahwa terdapat penipuan dengan modus surat pengalihan deposito yang ditandatangani oleh Gubernur BI dengan nominal mencapai Rp740 juta. BI mengimbau kepada masyarakat untuk cermat ketika mendapatkan suatu informasi. Adapun informasi terkait BI bisa dicek melalui website resmi Bank Indonesia atau dengan menghubungi #Bicara131 untuk memastikan informasi seputar Bank Indonesia maupun kebanksentralan lainnya.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

-https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/06/131500665/-hoaks-surat-pengalihan-deposito-ratusan-juta-catut-bank-indonesia?page=all

-https://www.facebook.com/BankIndonesiaOfficial/posts/252368730268017

-https://turnbackhoax.id/2021/11/13/salah-surat-pencairan-deposito-atas-nama-bank-indonesia/

 

Berita Terkait