[DISINFORMASI] Situs Penanganan Covid-19 Belanda Diluncurkan sebelum Adanya Pandemi

Beredar sebuah unggahan dengan klaim situs penanganan Covid-19 milik Pemerintah Belanda, coronacheck.nl dibuat sebelum adanya pandemi dan klaim bahwa Pemerintah Belanda telah membodohi warga negaranya. 

Dikutip dari kumparan.com, Pemerintah Belanda mendeteksi kasus pertama Covid-19 pada 27 Januari 2020, sementara situs penanganan Covid-19 Belanda terdaftar pada 25 Februari 2020. Namun, hal itu bukan berarti Pemerintah Belanda telah memiliki informasi dan dampak Covid-19. Kemenkes Belanda menegaskan bahwa situs tersebut dibuat oleh pihak ketiga, lalu domain tersebut diakuisisi oleh negara. Jadi, klaim yang menyebutkan Pemerintah Belanda telah mengetahui informasi seputar Covid-19 karena pendaftaran situs lebih dulu daripada kasus pertama Covid-19 adalah kurang tepat, karena klaim tersebut memiliki konteks yang berbeda dari aslinya.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

-https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-website-corona-belanda-diluncurkan-sebelum-adanya-pandemi-1wjkSuEP5FB?utm_source=kumApp&utm_campaign=share&shareID=A1t7e1Se3Q5y

 

Berita Terkait