[DISINFORMASI] Menteri Yaqut akan Bangun Kiblat Baru Umat Islam Nusantara di Tiongkok

Beredar sebuah gambar tangkapan layar dari halaman artikel berita dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan membangun kiblat baru umat Islam Nusantara di Tiongkok. Pada halaman artikel tersebut juga tertera foto Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Dilansir dari medcom.id, klaim bahwa Menteri Yaqut akan membangun kiblat baru umat Islam di Tiongkok, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu. Berdasarkan penelusuran, gambar tangkapan layar dari artikel yang dibagikan tersebut telah disunting. Adapun artikel asli ditemukan pada situs sindonews.com yang dimuat pada Sabtu, 12 Maret 2022 dengan judul “Menag Yaqut: Label Halal MUI Tidak Berlaku Lagi”. Artikel tersebut membahas terkait perpindahan kewenangan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), serta tidak berkaitan dengan pembangunan kiblat baru.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

-https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNAXQyvK-cek-fakta-menteri-yaqut-akan-bangun-kiblat-baru-umat-islam-nusantara-di-tiongkok-ini-faktanya

-https://nasional.sindonews.com/read/710775/15/menag-yaqut-label-halal-mui-tidak-berlaku-lagi-1647086634

 

Berita Terkait