[DISINFORMASI] Aceh Siapkan Haji Sendiri, Lepas dari Kemenag

Beredar sebuah potongan video disertai narasi yang menyebut seorang Anggota Komisi VIII DPR RI menyatakan bahwa Aceh sedang mempersiapkan untuk mengelola haji secara tersendiri, terlepas dari tata kelola yang dilakukan oleh Kementerian Agama. 

Faktanya, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo memastikan informasi bahwa Aceh sedang mempersiapkan haji secara tersendiri, lepas dari penyelenggaraan yang dilakukan Kementerian Agama, adalah tidak benar dan merupakan disinformasi. Isu serupa pernah mencuat pada 2020 setelah pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji 2020. Adapun pernyataan yang sebenarnya adalah Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh Muhammad Fadhil Rahmi berharap agar Pemerintah Aceh memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 untuk melobi Arab Saudi agar memberikan kuota haji secara terpisah kepada Aceh, di luar kuota nasional.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

·        -https://kemenag.go.id/read/tidak-benar-aceh-siapkan-haji-sendiri-lepas-dari-kemenag-01xag

·        -https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4983406/cek-fakta-tidak-benar-aceh-mempersiapkan-haji-sendiri-lepas-dari-kemenag

 

Berita Terkait