DINAS KOMINFO KABUPATEN ASAHAN MELAKUKAN AUDIENSI UNTUK MELIHAT PENERAPAN TANDA TANGAN ELEKTONIK (TTE) DI KABUPATEN BATU BARA

Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Asahan pada hari ini melakukan kunjungan Audiensi ke Kabupaten Batu Bara. Kamis (30/12/2021).
Kunjungan tersebut diterima langsung Bapak Zulkarnain, SE, M.Si selaku Plt. Kadis Kominfo di Ruangan Command Center yang didampingi oleh Zulfan Suri, ST (Kabid. Sandi dan Telekomunikasi), Herman Zulkhairi, S.Sos (Kasi. Sandi dan Telekomunikasi), dan  Maisarah Harahap, ST (Kasi. Statistik Sektoral).
Kunjungan ini dalam rangka Study Tiru tentang penyelenggaraan Sertifikat Elektronik khususnya penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Seperti diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah melaksanakan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dengan berpedoman pada Peraturan Bupati Batu Bara Nomor 89 Tanggal  11 Oktober 2021 tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara .
Dalam pertemuan ini Zulkarnain, SE, M.Si mengatakan bahwa pemanfaatan layanan Sertifikat Elektronik pada Pemerintahan Kabupaten Batu Bara meliputi Tanda Tangan Digital / Elektronik (Digital Signature), Pengamanan Dokumen Elektronik (Document Protection), dan Pengamanan E-mail (E-mail Protection) bertujuan untuk  meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik serta menjamin Keutuhan (Integrity), Kerahasiaan (Confidentiality), Keaslian (Authentication) dan Nir penyangkalan (Nonrepudiation) dokumen. 
Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik khususnya Tanda tangan Elektronik (TTE) untuk mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Batu Bara. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menyebutkan bahwa Tata Kelola SPBE bertujuan untuk memastikan penerapan unsur-unsur SPBE secara terpadu. Salah satu unsur SPBE yang dimaksud adalah Keamanan SPBE Yang dilakukan melalui penerapan tanda tangan digital. 
Sebelumya dihari yang sama Dinas Kominfo Kabupaten Langkat juga berkunjung ke Dinas Kominfo Batu Bara dalam rangka Konsultasi tentang penerapan Aplikasi surat menyurat Elektronik. Diskominfo Kabupaten Batu Bara pada saat ini sedang mengembangkan aplikasi surat secara elektronik dengan nama aplikasi "SEKABAR (Surat Menyurat Kabupaten Batu Bara)".
Diakhir kunjungan, rombongan Dinas Kominfo Kabupaten Asahan dan Dinas Kominfo Kabupaten Langkat mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan berbagi pengalaman yang diberikan oleh Dinas Kominfo Batu Bara. Dengan kunjungan tersebut diharapkan terjalin hubungan koordinasi dan kerjasama yang baik antar kedua kabupaten khususnya di sektor komunikasi dan informasi.

 

Berita Terkait