Diduga Sebar Hoaks Korona, Seorang Pemuda di Pontianak Diperiksa Polisi

PONTIANAK – Seorang pemuda berinisial I di Kota Pontianak, Kalimantan Barat harus berurusan dengan polisi karena diduga menyebarkan hoaks terkait virus korona atau Covid-19. Saat ini, pemuda itu masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

 

"Apakah yang dilakukan bersangkutan melanggar UU ITE (Undang-Undang Informasi Transaksi dan Elektronik) atau tidak, sampai saat ini masih diperiksa," kata Kapolresta Pontianak, Kombes Komarudin, Kamis (5/3/2020).

 

Komarudin enggan menjelaskan lebih jauh terkait saksi tersebut, namun dia berharap masyarakat tetap tenang dan tidak menyebarkan informasi-informasi yang belum pasti. Pihaknya khawatir hoaks tersebut memperparah kekhawatiran masyarakat dengan korona.

 

“Sudahlah, jangan ditambah lagi dengan informasi yang tidak benar,” ujarnya.

 

Masyarakat juga diminta bijak dalam menyikapi sebuah informasi. Jika mendapatkan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya, sebaiknya tidak disebarluaskan. Namun, melakukan cek dan ricek terlebih dahulu.

 

Informasi yang tak pasti, kata Komarudin, dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat jika disebar secara liar. Meski, hingga saat ini, kondisi Kota Pontianak masih kondusif.

 

Perekonomian dan stok barang kebutuhan pun masih dalam kondisi stabil. "Jadi, secara umum tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat,” tuturnya.\

 

Sementara terhadap pelaku hoaks, pihaknya memastikan akan menindak tegas siapa pun yang menyebarluaskan informasi palsu dan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

 

"Khusus kepada penyebar hoaks, sudahilah, jangan lagi buat masyarakat resah dengan informasi-informasi yang belum jelas dan masih simpang siur,” imbaunya.

 

Sumber : https://news.okezone.com/read/2020/03/05/340/2178825/diduga-sebar-hoaks-korona-seorang-pemuda-di-pontianak-diperiksa-polisi

 

Berita Terkait