Desa dan Puskesmas Percontohan TP-PKK Batu Bara Bersaing Ketat di Tingkat Provinsi

Batu Bara,
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, yang diwakili Sekretaris Daerah, H. Sakti Alam Siregar, S.E, bersama Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Ny. Maya Indriasari Zahir, menerima kunjungan Tim Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK dan IVA Test, Kesrag PKK, KKBPK, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Posyandu Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2022, pada hari Rabu (18/5). 
Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batu Bara ini berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara. Dalam kegiatan ini TP-PKK Sumatera Utara melakukan supervisi terhadap 8 Desa dan 1 Puskesmas di Kabupaten Batu Bara yang diharapkan bisa menjadi wakil daerah dalam perlombaan Desa Percontohan tingkat Provinsi untuk kategori lomba 10 program pokok PKK. 
Adapun 8 desa percontohan di Batu Bara yakni Desa Pahlawan, Kecamatan Tanjung Tiram sebagai desa tertib administrasi. Desa Lima Laras, Kecamatan Nibung Hangus sebagai desa PAAR. Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar sebagai desa UP2K. Desa Tanjung Prapat, Kecamatan Laut Tador sebagai desa Hatinya PKK. Desa Brohol, Kecamatan Sei Suka sebagai desa LBS. Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lima Puluh sebagai Desa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih sebagai Desa Posyandu. Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi sebagai desa Bangga Kencana. Dan Puskesmas Sei Balai sebagai Instansi Puskesmas Percontohan IVA Test.
Bupati Zahir melalui Sekda Sakti Alam Siregar malenyatakan supervisi bertujuan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan PKK Kabupaten/Kota yang didukung oleh Dinas atau Organisasi Perangkat Daerah serta mitra kerja dalam membina kecamatan dan desa dalam menjalankan 10 program pokok PKK. Bupati Zahir akan memberi dukungan dan bantuan kepada desa percontohan tahun 2022.
Sementara itu dalam paparannya sekaligus laporan kegiatan, Ketua TP-PKK Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Zahir menyampaikan jika PKK merupakan gerakan nasional dalam  pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. Di mana pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan YME, sehat, sejahtera lahir dan batin. 
Pada kegiatan tersebut juga dibentuk kelompok untuk membahas dan mendiskusikan kategori-kategori yang dilombakan agar dapat dinilai oleh tim supervisi Provsu. 
Ketua Tim Supervisi Provsu, M. Nirwan Subhan Nasution, mengatakan bahwa hasil dari diskusi tersebut, Tim Supervisi menilai desa di Kabupaten Batu Bara banyak memiliki potensi dan harus dikembangkan agar dapat bersaing di tahap monitoring pada Juli mendatang.
“Kami (Tim Supervisi) melihat banyak potensi-potensi yang ada dan berkembang. Tetapi dapat ditingkatkan lagi sebelum tahap monitoring dua bulan lagi. Diharapkan Kabupaten Batu Bara dapat bersaing ketat dengan PKK Kabupaten/Kota lainnya,” jelas Ketua Tim Supervisi Provsu.
Sementara itu Ketua TP-PKK Batu Bara, Ny. Maya Zahir menyampaikan harapannya agar TP-PKK mulai dari tingkat desa hingga kabupaten saling bersinergi untuk bisa menjadi wakil daerah dalam perlombaan Desa Percontohan tingkat Provinsi sesuai indikator perlombaan.
“Harapannya PKK Kabupaten Batu Bara dapat melakukan yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara. Mudah-mudahan kita dapat bekerjasama dari PKK desa, kecamatan dan kabupaten berkolaborasi untuk memperbaiki dan membenahi apa saja yang masih kurang untuk dapat memenuhi sesuai indikator perlombaan ini,” ungkap Maya Zahir.
Kehadiran TP-PKK Batu Bara di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjadi mitra pemerintah dalam mendukung program pembangunan. Hal ini sejalan dengan visi Bupati Zahir yaitu menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara masyarakat industri yang sejahtera, mandiri dan berbudaya.

 

Berita Terkait