Cegah dan Turunkan Stunting, Bupati Zahir Instruksikan OPD Harus Saling Bersinergi

Batu Bara,
Dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi pencegahan dan penurunan stunting, Bupati Zahir menghadiri undangan Tim Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Penurunan dan Pencegahan Stunting Provinsi Sumatera Utara, di hotel Le Polonia Medan, Senin (21/3/2022).
Penilaian kinerja penurunan stunting merupakan proses kegiatan yang dilakukan Pemprov Sumatera Utara dalam mengevaluasi kinerja Pemerintahan Kabupaten, dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator tertentu. 
Kegiatan tersebut dipandu oleh panelis dari Tim Penurunan dan Pencegahan Stunting tingkat Provsu yg diketuai oleh Ros Ida Berutu, SKM. M. Kes beserta Tim, yang menjelaskan langkah-langkah aksi konvergensi yang dapat mengakomodir masalah atau penyebab kejadian stunting secara terprogram dan terencana sehingga aksi dapat di evaluasi keberhasilannya.
Dalam acara tersebut Bupati Zahir menegaskan agar data stunting dapat menggambarkan kondisi status gizi masyarakat khususnya balita di wilayah Kab.Batu Bara dalam keadaan sebenarnya. 
"Untuk menurunkan prevalensi angka stunting, sangat diperlukan peran aktif lintas sektoral OPD terkait," ujar Bupati Zahir. Semua pihak harus bersama-sama melaksanakan aksi nyata kepada masyarakat dengan cara melakukan intervensi spesifik dan sensitif yang ditekankan pada 1.000 hari pertama kehidupan yg dimulai dari sejak hamil hingga bayi berumur 2 tahun, demikian Bupati Zahir memberikan arahannya.  Selain itu juga program sanitasi dan penyediaan air bersih sangat berperan dalam pencegahan dan penurunan stunting. 
Pencegahan stunting dimulai dari hulu dengan melakukan edukasi terhadap remaja putri calon pengantin dan pencegahan pernikahan dini. Hal ini sejalan dengan misi Bupati Zahir dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, agar tercipta generasi yang sehat dan berkualitas.

 

Berita Terkait