Bupati Zahir: MTQ ke- XV Diharapkan Dapat Wujudkan Generasi Qurani yang Cerdas dan Ber-akhlakul Karimah

Batu Bara,
Wujudkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Batu Bara, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XV Tahun 2022 digelar selama 4 hari, mulai 2-5 Maret 2022. Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, membuka MTQ di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Rabu (02/03/2022).
Turut hadir dalam acara pembukaan Ketua DPRD Kabipaten Batu Bara, M. Safi'i S.H, Wakil Kapolres Batu Bara, Kompol Rudi Chandra, Sekretaris Daerah, H. Sakti Alam Siregar, Ketua MUI, Ketua TP PKK Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, Wakil Ketua TP PKK, Ny. Hastuti Wulandari Oky, Ketua DWP, Ny. Khairani Sakti Alam, serta Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Batu Bara. 
Pembukaan MTQ diawali dengan pelantikan Dewan Pengawas dan Dewan Hakim MTQ Ke-XV tahun 2022 tingkat Kabupaten Batu Bara. Kegiatan ini mengangkat tema "Wujudkan generasi Qur’ani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, religi, dan berbudaya.
Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara M. Safi'i, dalam sambutannya menyatakan, anak generasi penerus kedepannya, tidak hanya bisa teknologi, tetapi juga perlu pandai ilmu agama. DPRD Kabupaten Batu Bara siap mendukung program mengaji sore dengan membuat Peraturan Daerah. Diharapkan program mengaji magrib dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap Al-Qur’an. 
“MTQ bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk mempelajari dan memahami Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an mempunyai banyak isi kandungan sebagai petunjuk dan pedoman hidup,” ujar M. Safi’i.
Bupati Zahir mengatakan, saat ini anak-anak yang mengaji di rumah maupun di tempat ibadah sudah berkurang. Untuk itu, ia mengharapkan di Kabupaten Batu Bara, digalakkan Kembali magrib mengaji. Didampingi oleh guru-guru ngaji yang pelafadzan tajwidnya baik dan benar.
Bupati Zahir juga mengatakan, akan memberikan dukungan moral dan anggaran kepada peserta MTQ. Ia  berharap khalifah asal Kabupaten Batu Bara meraih juara untuk provinsi maupun tingkat nasional. 
“Saya berharap terus bisa menyiapkan Qori-Qoriah baru dari tahfidz-tahfidz yang ada di Kabupaten Batu Bara. Agar tahun depan pemenangnya tidak hanya itu-itu saja. Tujuannya untuk meregenerasi peserta. Harapannya kafilah Kabupaten Batu Bara meraih juara untuk provinsi maupun tingkat nasional,” ungkap Bupati Zahir.
Rusian Heri, Ketua Panitia Pelaksana MTQ menyatakan, bahwa kegiatan tersebut didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Batu Bara. 
“Pemkab Batu Bara melalui Pak Zahir mendukung penuh pelaksanaan MTQ ini. Karena ini program kerja pemerintah yang bertujuan agar seluruh masyarakat Kabupaten Batu Bara gemar dan memahami makna kandungan Al-Qur’an,” ungkap Rusian.
Kegiatan MTQ, merupakan program kerja rutin dari Bupati Zahir untuk meningkatkan kualitas spiritual masyarakat Kabupaten Batu Bara. Selain mencetak generasi yang cinta dan paham isi Al-Qur’an, juga untuk menuju masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, religi, dan berbudaya.

 

Berita Terkait