Bupati Zahir Dianugerahi Gelar Datuk Setia Abiyasa Negara dari Kesultanan Deli

MEDAN - Kesultanan Deli menganugerahkan gelar adat Datuk Setia Abiyasa Negara kepada Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., di Balairung Istana Maimun, Medan, Minggu (02/10/2022).
Prosesi penganugerahan gelar adat kepada Bupati Zahir ini dilakukan di hadapan Perangkat Adat Kesultanan Deli yang dipimpin langsung oleh Sultan Deli XIV Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam.
Makna gelar Datuk Setia Abiyasa Negara yang disematkan kepada Bupati Zahir adalah sebagai orang yang dituakan dan dimuliakan, pandai dan bijaksana dalam memimpin sehingga kelak akan menjadi seorang pemimpin negara yang baik dan setia.
Pemberian gelar kehormatan ini dalam rangka memperingati Hari Keputeraan Sultan Deli ke-24 tahun. Dalam adat istiadat Kesultanan Deli ada hari keputeraan yaitu hari lahir sultan yang sedang bertahta dan saat ini yang bertahta adalah Sultan Deli yang ke-14 yaitu Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam.
Selain Bupati Zahir ada 15 tokoh lainnya yang menerima gelar adat. Seperti Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si memperoleh gelar Datuk Wiyarta Cendikia Raja dan mantan Wali Kota Medan Drs. H. Abdillah, SE, Ak., memperoleh gelar Datuk Setia Wira Negara.
Diberinya gelar adat tersebut menandakan telah bergabungnya menjadi bagian dari Kesultanan Deli. Untuk itu, Bupati Zahir harus memberikan kemaslahatan untuk masyarakat umum khususnya masyarakat Kabupaten Batu Bara.
Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, Ketua Kadin Batu Bara OK Faizal, S.E., dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Batu Bara.
Usai acara, sejumlah Kepala OPD Pemkab Batu Bara memberikan ucapan selamat dan bingkisan kepada Bupati Zahir atas gelar adat yang diterimanya. 

 

Berita Terkait