Bupati Zahir Bahas Percepatan dan Target Realisasi Program Pembangunan Kabupaten Batu Bara dengan Kepala Staf Presiden

Batu Bara,
Untuk mendorong proses percepatan pembangunan di Kabupaten Batu Bara, Bupati Zahir, melakukan audiensi dengan Deputi 1 Kepala Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta, di Grand Hotel City, Medan, Kamis (17/02/2022). 
Turut hadir kepala OPD Kabupaten Batu Bara dari Dinas PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang), Disporabupdar (Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata), Dinas Perizinan, Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah), dan Dinas Perhubungan. 
Audiensi dengan Kepala Staf Presiden ini sudah lama dinantikan oleh Bupati Zahir, untuk membahas pengembangan maritim, infrastruktur, pariwisata, investasi dan energi di Kabupaten Batu Bara. Termasuk Percepatan pembangunan dan pengoperasian pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung. 
Bupati Zahir menyatakan, sejak tahun 2018 pemerintah pusat telah menetapkan sejumlah proyek strategis nasional di Kawasan Kuala Tanjung, yang telah diperkuat oleh landasan regulasi dari Presiden. 
"Audiensi ini berkaitan dengan Perpres Nomor 81 Tahun 2018, tanggal 17 September 2018, tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung di Provinsi Sumatera Utara. Audiensi ini sebagai sarana belajar saya dan para Kepala Dinas untuk mengembangkan dan memajukan Kabupaten Batu Bara", ujar Bupati Zahir. 
Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung di Sumatera Utara merupakan Proyek Strategis Nasional yang urgent untuk dilakukan percepatan pembangunan dan pengoperasiannya, agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pemerintah pusat memandang perlu untuk melakukan penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 
Bupati Zahir juga membahas kebutuhan di Kabupaten Batu Bara, seperti usulan kenaikan status jalan, sehingga APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Batu Bara terbantu untuk pembangunan infrastruktur. Tidak hanya usulan kenaikan status jalan, ia juga mengusulkan agar pemerintah pusat membantu keperluan pembangunan di bidang pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan lainnya.  
Menanggapi kegiatan ini, Febry Calvin Tetelepta, menyatakan bahwa audiensi ini merupakan langkah yang cerdas dari Bupati Batu Bara dalam mendorong proses percepatan pembangunan di Kabupaten Batu Bara. Pembahasan itu tak hanya berhenti di sini saja, selanjutnya akan diadakan rapat resmi di Kantor Staf Presiden. 
"Melalui audensi terbuka ini Bupati Batu Bara bersama para OPD telah membedah kebutuhan-kebutuhan dasar dan prioritas. Surat tembusan kepada Kepala Staf Presiden dan Kementerian sudah diterima di tanggal yang telah ditentukan, untuk mengadakan rapat resmi di Kantor Staf Presiden. Hal ini Untuk mendorong percepatan pembangunan Kawasan industri Kabupaten Batu Bara", ungkap Deputi 1 Kepala Staf Presiden Febry Calvin Tetelepta. 
Pemerintah Kabupaten Batu Bara dibawah pimpinan Bupati Zahir berupaya bergerak cepat untuk membangun Kawasan Industri Kuala Tanjung. Hal ini diproyeksikan berdampak positif bagi perekonomian Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Batu Bara, dalam mewujudkan Kabupaten Batu Bara yang sejahtera, mandiri dan berbudaya.
Bupati Zahir berupaya hasil audiensi dengan Kepala Staf Presiden agar Pemerintah Pusat menaruh perhatian penting posisi Kabupaten Batu Bara sebagai daerah strategis untuk menjadi daya dukung keberhasilan pembangunan regional Provinsi Sumatera Utara dan Nasional. Sehingga dukungan dan kolaborasi Pemerintah Pusat dalam program kerja dan anggaran sangatlah penting demi terwujudnya misi Presiden dalam pembangunan daerah secara merata di Indonesia.

 

Berita Terkait