Bupati Batubara Ikuti Video Conference Bersama Menteri Dalam Negeri

Batubara

Bupati Batubara mengikuti video conference bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan menteri perindustrian, menteri pertanian, menteri tenaga kerja, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, di Aula rumdis Bupati Tanjung gading Kecamatan Sei suka, Selasa,(7/4/2020)

Video conference itu membahas langkah-langkah antisipasi kebutuhan daerah di bidang perindustrian, perdagangan, dan pangan, dalam rangka percepatan penanganan covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian telah membuat 2 tim yg melakukan inventarisasi kebutuhan kewilayahan dan kebutuhan yg terkait penanganan Covid 19 ini. Dia berharap setiap daerah bisa melakukan Refocusing Anggaran guna mengantisipasi akibat penyebaran Covid 19 ini, antara lain penanganan masalah kesehatan serta ketahanan pangan bagi masyarakat. 

Selain itu juga. Menteri Pertanian memaparkan bahwa stok pangan tersedia cukup, ada 11 komoditi yg dijaga oleh kementerian pertanian dalam jumlah yg cukup sampai 3 bln ke depan seperti Beras, Cabe, bawang merah, daging sapi, telor dll. Hanya beliau berharap kepala daerah tidak melakukan pemblokiran jalan yg dikhawatirkan mengganggu distribusi pangan. 

Menteri Tenaga Kerja, bekerja sama dg Pemerintah Provinsi telah menyiapkan 15 BLK yg bisa memproduksi masker, 8 BLK memproduksi Hand Sanitixer dg kemampuan 8.500 liter, untuk APD ada 7 BLK dg jumlah produksi 2450 buah. Dan Kepala BKPM meminta Kepala Daerah utk mempermudah perijinan bagi investor agar dpt segera beroperasi. 

Oleh sebab itu BKPM telah mempermudah perijinan bagi usaha yg terkait dengan penangan Covid 19 ini agar produksi dalam negeri bisa meningkat. Beliau juga mengingatkan Kepala daerah agar berhati hati dalam memesan APD agar tidak memesan APD yg bahan bakunya tipis sehingga dapat membahayakan Aparatur Medis. 

Dalam kesempatan ini Bupati Batubara Ir Zahir,usai mengikuti video conference langsung melaksanakan Rapat dengan seluruh OPD terkait didampingi Sekretaris Daerah Sakti Siregar untuk melakukan upaya-upaya antisipasi penanganan covid-19,

Bupati dengan sigapnya segera menyiapkan Refocusing anggaran, menyiapkan Sarana dan Prasarana kesehatan seperti pengadaan Masker, Thermo Scan, APD, Hand Sanitizer, disinfektan, termasuk menyiapkan ruang karantina di RSUD dan Tempat Karantina di SMK 1 Limapuluh. 

Ia juga menyiapkan BLK dibawah Disnaker agar dapat memproduksi masker, termasuk UKM dibawah binaan Dinas Koperasi dan UKM untuk juga dapat memproduksi masker. Dan untuk Dinas Perhubungan agar melakukan rekayasa lalu lintas dengan berkoordinasi dengan lintas sektor melalui rapat Forkopimda untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yg masuk ke Batubara dari daerah yang sudah masuk Zona Merah. Ujarnya.(pr)

 

Berita Terkait