BUNDA LITERASI BATU BARA AJAK SISWA GEMAR MEMBACA DAN PEDULI LINGKUNGAN

Batu Bara,
Bunda Literasi Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir bersama Dinas Perpustakaan berupaya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya membaca dan cinta lingkungan kepada siswa/siswi Unit Pelaksana Teknis (UPT), Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Datuk Tanah Datar, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Senin (14/02/2022).
Ny. Maya mengukuhkan 13 siswa/siswi Duta Literasi SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar, yang dibentuk dari anak-anak  pilihan dengan kemampuan literasi yang mumpuni.
Duta literasi sekolah merupakan salah satu program yang didorong dan dimotivasi oleh Bunda Literasi Kabupaten Batu Bara, untuk menumbuhkembangkan minat baca dan tulis para siswa. Pemerintah Batu Bara juga menyediakan layananan perpustakaan keliling seperti bus dan sepeda motor. Program ini diharapkan dapat menarik minat baca Para siswa SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar, dalam mencintai literasi.
Selain Duta Literasi, Ny. Maya juga mengukuhkan 22 siswa/siswi Duta Lingkungan di SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar. Para siswa/siswi yang terpilih akan berperan untuk mewujudkan sekolah berbudaya yang cinta lingkungan dengan menerapkan prinsip lingkungan asri. Sekolah juga telah memberikan fasilitas  green house sebagai wadah pembibitan tumbuhan.
Ny. Maya berharap, Duta Literasi dan Duta Lingkungan SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar dapat menjadi influencer, opinion leader dan motivator untuk siswa lainnya dalam membangun karakter siswa yang gemar membaca, berwawasan dan perduli terhadap lingkungan.
“Dengan kehadiran Duta Literasi dan Duta Lingkungan kedepannya dapat meningkatkan motivasi membaca masyarakat disekitar dan menanamkan rasa cinta dan peduli kepada lingkungan hidup", ungkap Ny. Maya.
Robiatul, salah satu siswa, mengaku senang telah dilantik menjadi Duta Literasi SMP Negeri 1 Datu Tanah Datar. Ia menyatakan akan berupaya menumbuhkan minat baca teman-temannya dalam berwawasan dan mencintai literasi.
Program Duta Literasi dan Duta Lingkungan sekolah ini mendapat dukungan luar biasa dari Bupati Zahir, dengan menghadirkan layanan Perpustakaan keliling yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang jauh dari perpustakaan umum.

 

Berita Terkait